Tips melatih anak berpuasa

Ramadhan telah tiba saatnya untuk kita menunaikan kewajiban berpuasa sebulan penuh, bagi kita yang sudah mempunyai anak kecil tentu puasa ini akan menyenangkan karena bisa mengajari anak untuk ikut berpuasa, mungkin di dalam benak anak-anak puasa adalah tidak makan dan minum dari mulai subuh sampai maghrib tentu berat jika dipaksakan tetapi ada tips bagaimana mempersiapkan anak yang sudah mulai ikut berpuasa.

Anak anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan orang-orang disekitarnya termasuk ketika seluruh keluarganya berpuasa maka ia akan mengikutinya seperti yang dilakukan orang tua, kakak, nenek dan kakeknya

. Berikut tipsnya:

1. Menjelaskan kepada anak apa sih puasa itu?, puasa bukan sekedar tidak makan dan minum seharian tetapi lebih dari itu puasa merupakan kewajiban bagi semua muslim, sehingga anak mengerti dan memahami dan siap menjalankannya.

2. Bagi orang tua supaya tidak memperlihatkan rasa lapar dan haus ketika berpuasa tunjukanlah bahwa berpuasa harus di jalankan dengan kesabaran dan keikhlasan.

3. Jangan paksakan anak harus berpuasa full tetapi ajarilah berpuasa semampunya misalnya hari pertama sampai jam 10 hari kedua sampai jam 11 dan seterusnya, ingatlah kita hanya mengajarinya untuk belajar berpuasa.

4. Berilah semangat saat si kecil menjalankan puasa misalnya dengan memberikan semangat “kamu pasti bisa tinggal 3 jam alagi”. Bisa juga dengan mengajak anak menyiapkan makanan buka puasa ini lebih menyenangkan.

5. Sebagai bentuk apresisasi anda terhadap anak yang mau puasa berilah hadiah atau janjikan hadiah setelah si kecil sukses berpuasa. Buatlah kesepakatan hadiah akan diberikan saat lebaran.

6. Pastikan sikecil makan yang cukup saat sahur, biasanya setelah bangun tidur anak akan malas makan jadi sebelum sahur biarkan ia menonton acara tv kesukaannya selama kira-kira 30 menit sebelum sahur

7. Untuk menambah nafsu makan sahur sebaiknya tanyakan anak mau di masakin apa? Tetapi rumus ini tentu menambah budget belanja kita .
8. Selama berpuasa jauhkan makanan favorit si kecil dari pandangan matanya, sembunykan dulu sampai sikecil mau berbuka baru dikeluarkan, supaya anak tidak merasa lama berpuasa buatlah si kecil ini sibuk dengan mengajak menonton acara tv faporit atau bermain tetapi jangan bermain terlalu aktif misalnya berlari.

9. Apabila anak ketahuan berbohong berpuasa jangan memarahinya karena anak berbohong tentu ingin menyenangkan kita supaya kita tahu ia berpuasa.

10. Strategi yang terakhir ialah bandingkan anak yang seumurnya dengan mengatakan “si itu saja bisa kuat puasa” biasanya anak akan cenderung mengikuti temannya.

Sumber: wolipop

Dikirim menggunakan Wordmobi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s